Kamis, 02 Juni 2011

Super Junior M

Super Junior M, Akan Rilis Album Baru Meski Tanpa Hankyung
 

Penambahan inisial M di belakang nama grup ini mengacu pada bahasa Mandarin, yang menjadi bahasa utama di semua lagu Super Junior M (SJM). Grup ini memang dibentuk SM Entertaiment sebagai sub-grup Super Junior yang berbasis di China. Selain Hankyung, Siwon Donghae, Kyuhyun, Ryeowook, SM Entertaiment menambah dua personel asli China; Henry Lau dan Zhou Mi. Di Korea awal pembentukan grup ini tak mendapat restu ELF yang keberatan dengan penambahan personel. Tapi lain lagi di China. keyakinan SM Entertaiment untuk melanjutkan proyek pembentukan SJM berbuah hasil. 

Setelh debut di China pada 8 April 2008, penggemar SJ M langsung terhimpun. Baru lima hari diluncurkan, sudah tercatat 14 juta orang membuka video klip perdana mereka, U, di internet. Album perdana mereka, Me, disambut baik di China, Hong Kong, dan Taiwan. Sebulan setelah debut, Super Junior M memenangkan penghargaan pertama mereka sebagai grup terpopuler di Asia Music King Awards ke-5 di Makau.

 

Di luar musik, imej SJM yang muda, bersemangat, ceria, Zhou Mi yang bersuara bagus plus Henry yang jago main biola mulai menarik perhatian para ELF. Tahun 2009, album mini kedua, Super Girl, dirilis. Di album ini, lagu single "Super Girl" dan "Blue Tomorrow" juha dibuat dalam bahasa Korea. Ini tentu makin menambah kecintaan ELF di Korea, juga Asia. Keputusan Hankyung menuntut SM Entertaiment dan menghentikan kontraknya sebagai personel Suju tentu sedikit berimbas pada grup SJM. Bagaimanapun, Hankyung personel Suju pertama asli China dianggap sebagai leader sub-grup ini. Dalam konser Super Show 3 lalu, SJM tampil secara utuh. Henry Lau dan Zhou Mi masing-masing bernyanyi solo. Apakah ini pertanda bubarnya SJM? Tentu tidak. 

SJM tetap eksis tahun ini mengeluarkan album baru, plus personel baru. Ya, keabsenan Hankyung digantikan dengan bergabungnya Eunhyuk dan Sungmin. Dan, SJM membuat kejutan manis untuk para ELF dengan merilis album comeback, Too Perfect, pada 14 Februari alias tepat di hari valentine.



U (VERSI CHINA)
 





SUPER GIRL (VERSI KOREA)
 




SUPER GIRL (VERSI KOREA)
 





BLUE TOMORROW (VERSI KOREA)
 






ME (VERSI KOREA)
 






TOO PERFECT
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar